Kamis, 26 Juli 2012

Indonesia Membutuhkan Du-aat

Memperhatikan masalah umat saat ini, sungguh sangat memprihatinkan. Mulai dari penghuni kota sampai desa walaupun agak berbeda pola hidupnya agak berbeda tapi memiliki penyakit rohani  yang satu.
rohani itu masi sedikit sekali tenaga medis yang berkompeten didalamnya.  Dan sungguh sangat mustahil kita akan dapat hadirkan ditengah-tengah  masyarakat itu seorang Profesor, atau seorang ustad besar. Tapi kita butuhkan dari setiap daerah tadi, baik di Desa atau di Kota adalah perawat-perawat yang handal dan siap tahan banting ditengah-tengah masyarakat, dalam hal ini adalah para da'i.
Udah beberapa kota dan daerah saya kunjungi, ternyata di semua daerah tersebut mereka tidak membutuhkan seorang profesor, mereka tidak membutuhkan seorang ustad yang besar, tapi yang mereka butuhkan adalah seorang da'I yang dapat memberikan solusi dalam problematika ditengah-tengah msayarakat tersebut.
Beberapa bulan yang lalu saya berada disalah satu desa Kecamatan Manuju Kabupaten gowa, sungguh memprihatinkan itu desa, dari beberapa masjid mungkin hanya dua masjid yang aktif, adapaun yang lain Cuma sholat Magrib saja yang ada, itupun hanya dua tiga orang  jama'ah. Anak-anaknya tidak ada yang urus dalam masalah agama karena hidup mereka saja sudah memprihatinkan bagaimana mau ngurus agama??
begitu juga ketika saya sampai daerah trenggalek tepatnya di Watulimo, masyarakat dibeberapa masjid sangat membutuhkan seorang sosok yang dapat membimbing mereka, dapat mengarahkan mereka, tapi sangat disayangkan, tenaga itu  kurang, akhirnya saya sebagai orang yang pas-pasan ilmunya juga turun tangan.
Dari itu, saya mengambil kesimpulan bahwa Indonesia membutuhkan para da'I bukan da'I saja tapi du'aaat yaitu jamak dari da'i.
Dari seorang da'I sudah sewajarnya membekali dirinya dengan berbagai macam skill, sehinggai dia tidak hanya mengadakan tangannya menunggu uluran tangan masayarakat untuk mendapatkan pasokan makanan, tapi dia harus mampu berpikir bagaimana dapat menghasilkan uang sendiri dan  dapat memberikan solusi ditengah-tengah masyarakat dari berbagai macam problematika yang ada dimasyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar