Kamis, 07 Juni 2012

KEKHUSUSAN HARI JUMAT


Assalamu'alaikum sobat semua.
Pada jumat yang lalu saya diamanatkan untuk mengisi khutbah karena Ustad yang mempunyai jadwal khutbah disalah satu masjid berhalangan, ketika saya diamanatkan pada hari itu, saya bingung tema apa yang harus diangkat, karena melihat kondisi jama'ah yang kadangkala tidak memperhatikan apa yang disampaikan khotib, dan kadang nanti Khutbah kedua  baru kemudian mereka menuju masjid, maka saya berinisiatif untuk mengisi tentang kekhususaan-kekhususan pada hari jumat.
Saya kemudian mencari buku apa yang membahasa masalah kehususan-kekhususan pada hari jumat, dan Al-hamdulillah saya mempunya maktabah Syehk Fauzan. Saya langsung membuka maktabahnya dan menemukan sebuah buku dengan judul halaman AL-MULAKHOS AL-FIQHI.
Berikut ini ringkasannya:
1.    Rasulullah SAW membaca surat Alif Lam Assajadah dan Al-Insan pada dua raka'at sholat subuh.
2.    Memperbanyak sholawat kepada Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam.
rasulullah bersabda:
أَكثروا من صلاة علي يوم الجمعة وليلة الجمعة
Artinya: perbanyaklah kalian bersholawat kepada saya (Rasulullah) pada hari jumat dan malam jumat. (HR. Baehaqi)
Rasulullah bersabda yang berkaitan dengan keutamaan bersholawat kepada bliau:
من صلى علي مرة صلى الله عليه عشرا
artinya: barang siapa yang bersholawat atas saya satu kali, maka Allah bersholawat atasnya sepuluh kali. (Diriwayatkan Annas Radhiallahu Anhu)
3.    Disunnahkan mandi pada hari jumat dan dia termasuk sunnah ma'akkad. Dan sebagian Ulama mewajibkannya.
4.    Memakai wangi-wangian ketika hendak pergi kemasjid.
5.    Menyibukkan diri dengan sholat nafilah ketika sampai dimasjid, dia sholawat sebanyak-banyaknya,. Ada yang mengatakan 12 raka'at, 8 raka'at, 2 raka'at.  2 rakaat itu adalah jumlah yang paling sedikit.
dan dia lakukan itu sampai sang khotib naik diatas mimbar, jika khotib belum naik membar dan dia ingin berhenti  maka tidak mengapa (Penj)
6.    Membaca surat Al-kahfi dan bukan yasin.
Rasulullah Shollalllahu 'alaihi wasallam bersabda:
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مر قرأ سورة الكهف يوم الجمعة سطع له نور من تحت قدمه إلى عنان السماء يضيء به يوم القيامة وغفر له ما بين الجمعتين.
رواه البيهقي والحاكم
Artinya: Rasulullah Shollallahu 'Alaihi wasallam: siapa yang membaca surat Al-kahfi pada hari jumat maka akan dipancarkan cahaya untuknya dari telapak kakinya sampai kepermukaan langit, dan dipancarkan cahaya dengan bacaannya itu pada hari kiamat dan akan diampuni baginya dosa-dosa diantara dua jumat (HR. Al-baehaqi dan Hakim)
7.    Ada satu waktu yang apabila seorang hamba berdoa maka Akan Allah ijabahi doa tersebut.
8.    Tidak boleh berkata disaat imam sedang berkhutbah:
Rasulullah Shollahu 'alaihi wasallam bersabda:
عن ابن عباس : قال رسول الله صلى الله  عليه وسلم: من تكلم يوم الجمعة والإمام يخطب فهو كالحمار يحمل أسفارا, والذي يقول له أنصت ليس له جمعة.
Artinya:
dari Ibnu Abbas Rasulullah bersabda: siapa yang bercerita pada hari jumat dan Imam sedan berkhutbah, maka dia bagaikan keledai yang membawa buku-buku yang tebal, dan siapa yang berkata kepada temannya "diam" maka tidak ada jumat baginya.
Itu yang dapat saya sampaikan, dan kemudian saya jelaskan beberapa kesalahan yang sering dilakukan ditenga-tengan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar